Pemenang Olimpiade

Bagikan

Olimpiade 2024 tinggal beberapa hari lagi akan berakhir. Saat ini, Amerika Serikat memimpin perolehan medali dengan 27 medali emas, sedikit unggul dari Cina yang mendapat 25 medali emas. Nah, meskipun Amerika Serikat belakangan menjadi pemenang Olimpiade, ternyata, Amerika Serikat tidak selalu menguasai Olimpiade ini. Berikut, adalah daftar negara-negara yang pernah menjadi pemenang Olimpiade.

Pemenang Olimpiade
Klasemen Lima Besar Olimpiade 2024 per 7 Agustus 2024.

 

1. Amerika Serikat (18 kali)

Tentunya tidak mengejutkan melihat Amerika Serikat memenangkan Olimpiade sebanyak 18 kali. Amerika Serikat saat ini sudah tiga kali beruntun memenangkan Olimpiade. Jika mampu menjadi pemenang pada Olimpiade 2024 kali ini, Amerika Serikat akan mendekati rekor mereka pada saat 1912 hingga 1932 silam. Saat itu, Amerika Serikat berhasil menjadi juara dalam lima edisi Olimpiade beruntun. Jika Olimpiade 1916, yang dibatalkan karena Perang Dunia, diadakan, banyak pengamat sejarah Olimpiade meyakini bahwa Amerika Serikat juga akan memenangkan edisi tersebut.

2. Uni Soviet (6 + 1 kali)

Uni Soviet adalah lawan terkuat Amerika Serikat pada era Perang Dingin. Ini dibuktikan dengan rekor Uni Soviet di Olimpiade. Berkompetisi sebanyak sembilan kali, Uni Soviet berhasil menjadi juara di enam edisi, membuktikan betapa kuatnya Uni Soviet. Hanya Amerika Serikat yang bisa mematahkan dominasi Uni Soviet pada rentang 1952 hingga 1988, dengan menjadi juara pada edisi 1952, 1964, dan 1968 (Uni Soviet tidak mengikuti edisi 1984).

Namun, seperti yang kita tahu, Uni Soviet kemudian pecah pada 1991. Namun, pada 1992, negara-negara pecahan ini mewakili Tim Gabungan untuk menjadi juara Olimpiade. Karena tulang punggung Tim Gabungan ini sebenarnya merupakan atlet-atlet Uni Soviet, sebenarnya secara teknis Uni Soviet menjadi Juara Olimpiade sebanyak tujuh kali.

3. Prancis (1 kali)

Prancis menjadi pemenang pada Olimpiade 1900 saat menjadi tuan rumah di Paris. Akomodasi saat itu tidak semudah saat ini, sehingga 720 dari 997 peserta yang bertanding saat itu berasal dari Prancis. Selain hal tersebut, beberapa cabang yang dipertandingkan juga sangat menguntungkan tuan rumah. Akibatnya, Prancis memenangkan Olimpiade kali ini dengan mudah.

4. Inggris Raya (1 kali)

Inggris Raya menjadi pemenang pada Olimpiade 1908 yang diadakan di London. Tampaknya Inggris Raya memanfaatkan keuntungan tuan rumah mereka dengan baik. Ini dibuktikan dengan mereka mengoleksi 56 medali emas, jauh di atas Amerika Serikat yang menjadi Runner-Up dengan 23 medali emas.

5. Jerman (1 kali)

Jerman menjadi pemenang pada Olimpiade 1936 yang diadakan di Berlin. Lagi-lagi keuntungan sebagai tuan rumah dimanfaatkan dengan baik. Meskipun begitu, Olimpiade ini lebih dikenang karena memperkenalkan standar-standar baru ke Olimpiade. Contohnya, kota yang mengajukan diri sebagai tuan rumah tidak diperkenankan untuk menjadi kota tuan rumah untuk Pertemuan IOC, sesuatu yang dilakukan Berlin pada tahun 1930 ketika Berlin terpilih sebagai kota tuan rumah Olimpiade 1936.

6. Cina (1 kali)

Pemenang Olimpiade
Olimpiade 2008 adalah satu-satunya Olimpiade yang dimenangkan negara Asia.

 

Satu-satunya negara Asia dalam daftar ini. Lagi-lagi, Cina memanfaatkan keuntungan sebagai tuan rumah. Hal ini dikarenakan Cina menjadi pemenang Olimpiade 2008 yang diadakan di Beijing.

Nah, kira-kira, apakah di hari terakhir nanti, Cina dapat menyalip Amerika Serikat? Atau Amerika Serikat akan melanjutkan supremasi mereka di Olimpiade? Kita tunggu saja pada tanggal 11 Agustus 2024.

Simak informasi olahraga terbaru secara lengkap di shotsgoal.com.