Balapan F1: Lewis Hamilton Menangkan GP Belgia

Bagikan

Balapan F1 yang berlangsung di sirkuit Spa-Francorchamps berakhir dramatis. Lewis Hamilton berhasil memenangkan balapan setelah sebelumnya finis di posisi dua. Ini dikarenakan pemenang balapan, George Russell, didiskualifikasi karena mobilnya tidak memenuhi kriteria yang ditentukan.

Balapan F1: Lewis Hamilton Menangkan GP Belgia
Lewis Hamilton menjadi pemenang GP Belgia setelah George Russell didiskualifikasi.

 

Jalannya Balapan

Di Putaran Satu, pemegang posisi Pole, Charles Leclerc, yang memimpin balapan terlebih dahulu. Hamilton dan Sergio Perez menyusul di posisi dua dan tiga. Russell sementara itu naik ke posisi lima setelah Lando Norris, yang memulai balapan di posisi empat, memulai balapan dengan buruk.

Di Putaran Tiga, Hamilton menyalip Leclerc untuk mengambil alih pimpinan balapan. Perez yang memulai di posisi dua tertinggal di belakang mereka berdua dengan jarak sekitar 1,3 detik.

Di Putaran 11, Russell masuk ke Pit untuk mengganti bannya ke kompon Keras. Max Verstappen, Juara Dunia dan pemimpin klasemen WDC saat ini melakukan hal yang sama dibelakangnya. Sementara Hamilton baru masuk Pit di Putaran 12 dan menggunakan ban kompon Keras. Masuknya Hamilton membuat Leclerc kembali memimpin balapan.

Leclerc kemudian masuk Pit di Putaran 13 untuk mengganti bannya ke kompon Keras juga. Hal itu membuat Carlos Sainz, rekan setim Leclerc di Ferrari, mengambil alih pimpinan balapan. Hal itu bertahan hingga Putaran 21, dimana Sainz kemudian masuk Pit untuk mengganti bannya ke kompon Medium.

Di Putaran 27, Hamilton masuk Pit untuk mengganti ban sekali lagi. Russell sementara itu meminta kepada tim Mercedes untuk menggunakan taktik satu Pit Stop. Hal ini tampaknya berhasil karena di Putaran 31, Russell mengambil alih pimpinan balapan dari Hamilton. Meskipun Hamilton mencoba di sisa balapan, Russell tidak mampu dilewati oleh Hamilton. Mercedes tampaknya berhasil mengamankan 1-2 dengan Russell sebagai pemenang balapan.

Balapan F1: Lewis Hamilton Menangkan GP Belgia
Mobil George Russell, setelah ditimbang, kurang 1,5 kg dari syarat yang ditentukan.

 

Namun, dalam pengecekan mobil, Russell didiskualifikasi. Dalam peraturan F1, setiap mobil wajib memiliki berat 798 kg. Namun, setelah dilakukan penimbangan, berat mobil Russell hanya mencapai 796,5 kg, kurang 1,5 kg dari syarat minimal. Karena itu lah, Hamilton kemudian menjadi pemenang GP Belgia ini.

Lima Besar GP Belgia:

  1. Lewis Hamilton
  2. Oscar Piastri
  3. Charles Leclerc
  4. Max Verstappen
  5. Lando Norris

Simak informasi olahraga terbaru secara lengkap di shotsgoal.com.