Adrian Newey Bergabung dengan Aston Martin

Bagikan

Selesai sudah teka-teki ke mana Adrian Newey akan berlabuh musim depan. Newey memutuskan untuk bergabung dengan Aston Martin setelah diberikan gaji fantastis.

Adrian Newey Bergabung dengan Aston Martin
Adrian Newey berpose dengan mobil Aston Martin.

 

Dibayar 30 Juta Pound Sterling per Tahun

Newey akan menerima gaji sebesar 30 juta pound sterling per tahun untuk menjadi Kepala Departemen Teknis Aston Martin tahun depan. Orang yang dianggap sebagai desainer tersukses F1 dalam 30 tahun terakhir itu diketahui juga menerima beberapa persen saham tim. Newey akan mulai bekerja pada Maret 2025 mendatang.

“Saya tidak merasa perlu lagi membuktikan diri,” ujar Newey seusai mengabarkan keputusannya kepada media. “Motivasi saya adalah mencoba melakukan pekerjaan sebaik mungkin. Saya ingat Frank Williams (pemilik Williams di tahun 1990-an) pernah mengatakan jika saya adalah orang yang paling kompetitif soal desain mobil. Saya ingat saya merasa sedikit kesal saat itu atas pernyataannya. Namun saya tidak dapat menyangkal bahwa saya kompetitif secara profesional,” ujar Newey.

Datangnya Newey jelas menunjukkan betapa besarnya ambisi Aston Martin. Lawrence Stroll, pemilik Aston Martin, selalu menekankan jika dia ingin timnya bisa bersaing untuk gelar Juara Dunia. Newey dianggap yang paling mampu menafsirkan dan memanfaatkan peraturan untuk menghasilkan mobil yang sangat kompetitif. Newey akan bergabung dengan mereka tepat sebelum perubahan regulasi besar-besaran di tahun 2026, sehingga Aston Martin tentu berharap dia bisa mengaplikasikan pengetahuannya kepada Aston Martin.

Banyak Melahirkan Juara Dunia

Newey sendiri mempunyai reputasi yang luar biasa di F1. Mobil yang dia desain sudah memenangkan 12 gelar Juara Pembalap dan 13 Juara Konstruktor untuk Williams, McLaren, dan Red Bull. Mobil pertamanya yang menjadi Juara Dunia adalah mobil Williams FW14, yang dikemudikan Nigel Mansell di tahun 1992. Terbaru, mobil Red Bull RB19 yang dia desain tahun lalu memecahkan begitu banyak rekor untuk Max Verstappen dan Red Bull sendiri.

Adrian Newey Bergabung dengan Aston Martin
Mobil RB19 menjadi mobil terdominan dalam sejarah F1, dengan memenangkan 21 dari 22 balapan F1 pada musim 2023.

 

Newey sendiri sudah bersama Red Bull sejak 2006, tetapi mengumumkan akan meninggalkan tim setelah hampir dua dekade pada akhir April lalu di GP Jepang. Awalnya orang-orang memprediksi jika dia akan bergabung dengan Ferrari yang sudah mendapatkan jasa Lewis Hamilton, karena Newey mengatakan jika Ferrari adalah tim yang dia idam-idamkan dan Hamilton merupakan salah satu pembalap favoritnya. Tetapi, tim asal Italia itu memutuskan untuk tetap mempertahankan komposisi tim saat ini dan membiarkan Aston Martin mendapatkan Newey tanpa perlawanan.

Simak informasi olahraga terbaru secara lengkap di shotsgoal.com.